Ketika Internet Menjadi Kebutuhan Primer Masyarakat

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari telah menjadi kebutuhan utama. Dari jutaan manusia, hanya segelintir orang saja yang tidak mengkonsumsi internet. Ketika internet menjadi kebutuhan pokok, baik usia muda, tua, kalangan elite, menengah ke bawah, dan hampir seluruh lapisan masyarakat tidak dapat lepas dari penggunaan internet. 

Penggunaan internet berkaitan erat dengan kegiatan sehari-hari, terutama dalam hal komunikasi. Pasalnya internet dapat membantu menghubungkan jarak jauh menjadi terasa dekat. 

Ketika Internet Menjadi Kebutuhan Pokok Masyarakat di Era Digital

Internet sejak kemunculannya telah berkembang semakin canggih. Untuk sekarang ini, internet telah memudahkan masyarakat terhubung dengan kerabat atau rekan yang terbentang jarak melalui berbagai media sosial. 

Terlebih lagi, masyarakat semakin mudah mengaksesnya melalui smartphone. Sehingga lebih praktis dan fleksibel. Hal tersebut membuat keberadaan internet tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia di era yang serba online. 

Dapat kita lihat pada laporan yang telah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) rilis jika penggunaan smartphone ketika berselancar internet lebih banyak setiap harinya. Pengguna Ponsel yang setiap hari berselancar internet mencapai 93,9%.

Kemudian untuk perangkat berikutnya adalah PC, komputer, dan tablet. APJII juga menyatakan jika rata-rata pengguna internet di Indonesia menggunakan kurang lebih 3 hingga 4 jat setiap harinya. 

Pemberdayaan Internet di Era Digital

Ketika internet menjadi kebutuhan masyarakat, seperti untuk berbisnis, bersosialisasi, berkomunikasi, hingga berpolitik. Semakin membludaknya pengguna internet membuat pemerintah menyediakan layanan seperti Wifi. 

Sudah banyak sekolah-sekolah dan ruang publik yang memberdayakan internet dengan Wifi. Dengan demikian, informasi dan komunikasi akan terbuka lebih luas. Berbagai isu kontemporer dan berita terbaru yang terjadi di seluruh penjuru dunia dengan cepat dapat terungkap oleh para pelajar hingga warga di pelosok desa. 

Fasilitas pendukung seperti wifi akan memperluas informasi. Termasuk informasi terkait dunia pariwisata bisa trending di berbagai media sosial dan keberadaan spot menarik akan lebih terkenal di kalangan masyarakat luas bahkan wisatawan mancanegara. 

Ketika internet menjadi kebutuhan utama, namun tidak dapat kita pungkiri keberadaan juga berpotensi bahaya. Karena internet juga memiliki sisi negatif yang bisa menjerumuskan siapa saja jika kurang bijak dalam memilah dan menyerap informasi. Oleh karena itu, para pengguna internet di era modern seperti sekarang ini harus cerdas dalam memanfaatkannya. https://duniaonline.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.